BERITA INFO SIPSS

Pendidikan Kepolisian

Pendidikan Kepolisian – Hai guys, ketemua lagi nih. Di artikel kali ini akan membahas serba serbi tentang Pendidikan Kepolisian. Kalian mungkin penasaran dari apa itu pendidikan kepolisian? Kenapa harus memilih jurusan tersebut? Karakter seperti apa saja yang sesuai? Prospek kerja jursan pendidikan kepolisian, dan profesi dan karir lulusan pendidikan kepolisian. 

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk simak pengertian di bawah ini. Scroll ke bawah terus ya. 

Pendidikan Kepolisian

Apa itu Pendidikan Kepolisian?

Pendidikan kepolisian akan membentuk kamu menjadi seorang anggota kepolisian RI melalui Pendidikan Kepolisian. Serupa dengan Pendidikan Militer, di pendidikan kepolisian ini kamu juga dapat memilih jenjang atau tingkatan pendidikan menyesuaikan dengan pangkat yang akan diperoleh setelah lulus nanti. 

Lama pendidikan pun bervariasi. Pendidikan Tamtama Kepolisian berdurasi lima bulan dengan output lulusan berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada). Selama Pendidikan Tamtama Kepolisian akan diajarkan fungsi teknik Kepolisian Lalu Lintas, Intelijen, Reserse, dan Binmas. 

Pendidikan Bintara Kepolisan berdurasi tujuh bulan dan pangkat yang didapat oleh lulusan ini adalah Brigadir Dua (Bripda). Pendidikan Taruna Kepolisian yang diselenggarakan di Akademik Kepolisian (Akpol) berdurasi emap tahun, lulusan ini nanti akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK), serta menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). 

Bagi kamu yang ingin menempuh Pendidikan Kepolisian setelah lulus dari perguruan tinggi juga bisa loh. Dengan mengikuti pendidikan selama enam bulan di Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPS). Pangkat yang didapatkan dari lulusan SIPS adalah Inspektur Dua (Ipda). 

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Pendidikan Kepolisian adalah pilihan tepat bagi kamu yang bercita – cita menjadi anggota Polri. Setelah lulus SMA/ SMK kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kepolisian. 

Tentunya Pendidikan Kepolisian hanya diperuntukan untuk kamu yang memiliki fisik dan mental kuat dan tangguh. Kamu punya bakat dan minat di bidang musik dan IT? Masuk sekolah Kepolisian juga masih memungkinkan kamu untuk menekuni bidang – bidang tersebut. Pasalnya di Pendidikan Bintara kamu dapat menekuni pilihan Bintara Musik dan Bintara TI. 

Karakter Siswa Yang Sesuai

  • Teliti 
  • Tekun 
  • Detil 
  • Kritis 
  • Rasional 
  • Observan 
  • Independen 
  • Berwawasan luas 
  • Senang Menganalisis 
  • Keterampilan Komunikasi 
  • Keterampilan Interpersonal 
  • Senang Memecahkan Masalah 
  • Bisa Bekerjasama dengan Team 

Prospek dan Karir Lulusan Pendidikan Kepolisian 

  1. Pengawas dan Penyelidik Kebakaran 

    Memeriksa bangunan dan peralatan untuk mendeteksi bahay kebakaran dan menegakkan peraturan negara bagian dan lokal. Melakukan Investigasi untuk menentukan penyebab dari kebakaran dan ledakan 

  2. Intel Polisi dan Militer 

    Melakuka penyelidikan untuk mencegah tindakan kejahatan atau ganggua keamanan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara termasuk terorisme. Dapat bertugas dalam badan negara seperti polri (Intelkam), TNI (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Teroris, KPK, Jaksa Agung, Bea Cukai dan lain – lain. 

  3. Detektif dan Investigator Swasta 

    Mengumpulkan, menganalisa, menyusun dan melaporkan informasi mengenai individu atau organisasi kepada klien. Ia juga bertugas mendeteksi terjadinya tindakan yang melanggar hukum atau aturan. 

  4. Direktur Manajemen Darurat 

    Merencanakan dan mengarahkan respon akan bencana atau aktivitas krisis manajemen. Memberikan pelatihan kesiapsiagaan bencana alam (badai, banjir, gempa bumi, dan lain – lain), perang, atau bencana teknologi (keadaan darurat pada pembangkit listrik tenaga nuklir atau bahan tumpahan berbahaya) atau jika terjadi penyanderaan. 

  5. Reserse Polisi 

    Reserse adalah salah satu dari fungsi kepolisian yang bertugas untuk melakukan penyelidikan untuk memecahkan kasus kriminalitas. Bertugas dalam Sat Reskrim di tingkat Kepolisian Resort yang berada di bawah Kaplores. Bertugas dama Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimsus) atau Direktorat Reserse Kriminal Khusu (Reskrimsus)di tingkat Kepolisian Daerah yang berada dibawah Kapolda. 

  6. Teknisi Ilmu Forensik 

    Mengumpulkan, mengindentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis bukti fisik terkait investigasi kriminal. Melakukan tes pada senjata atau zat, seperti serat, rambut, dan tisu dalam rangka menentukan arti untuk penyelidikan. 

  7. Pegawai Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian 

    Mengumpulkan bukti di tempat kejadian kejahatan, mengklasifikasi dan mengidentifikasi sidik jari, serta memotret bukti yang digunakan dalam kasus kejahatan. 

  8. Analis Intelijen 

    Mengumpulkan, menganalisa dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber, seperti data pelaksanaan hukum, pengawasan jaringan atau sistem informasi geografi. Menggunakan data intelejen untuk mengantisipasi dan mencegah aktivitas tindakan kejahatan terencana seperti terorisme.

  9. Kriminologi

    Bagian dari sosiologi yang berfokus dalam melakukan analisa dan studi mengenai kriminalitas. Apa penyebabnya, bagaimana efek dan dampak sosial yang ditimbulkan. Tanggung jawab kriminolog meliputi menganalisis data untuk menentukan penyebab kejahatan dan kriminalitas terjadi dan menemukan cara untuk memprediksi dan mencegah. Mencegah perilaku kriminal lebih lanjut. Kriminologi akan menganalisis melalui aspek psikologis, sosial dan prilaku dari pelaku tindakan kriminal. 

 

Demikian pembahasan tentang Pendidikan Kepolisian, Kenapa memilih pendidikan kepolisian, Prospek dan Karir lulusan kepolisian dan lain – lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian semua ya. 


Sebagai tambahan informasi saja siapa tau anda juga tertarik di dunia penerbangan (sebagai alternatif pilihan karir yg lain), saat ini PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) sedang membuka pendaftaran kelas baru.

PSPP Penerbangan merupakan salah satu lembaga pendidikan staff airlines terbaik di indonesia

Jurusan pendidikan :

  1. AVSEC (Polisi Bandara)
  2. Pramugari
  3. Staff Airlines

Jika anda merasa tertarik, anda dapat menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan : Kak Diyan yang BAIK HATI di  0822-2500-7272 (WhatsApp Only) untuk bertanya-tanya. Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *